Selasa, 14 Mei 2013

Sejarah Android dan Jenisnya


Android adalah sistem operasi yang berbasis Linux untuk telepon seluler seperti telepon pintar dan komputer tablet. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk GoogleHTCIntelMotorolaQualcommT-Mobile, dan Nvidia.
Pada saat perilisan perdana Android, 5 November 2007, Android bersama Open Handset Alliance menyatakan mendukung pengembangan standar terbuka pada perangkat seluler. Di lain pihak, Google merilis kode–kode Android di bawah lisensi Apache, sebuah lisensi perangkat lunak dan standar terbuka perangkat seluler.
Di dunia ini terdapat dua jenis distributor sistem operasi Android. Pertama yang mendapat dukungan penuh dari Google atau Google Mail Services (GMS) dan kedua adalah yang benar–benar bebas distribusinya tanpa dukungan langsung Google atau dikenal sebagai Open Handset Distribution (OHD). S

SEJARAH:
Sebelum Android Inc, dibeli oleh Google Inc, Perusahaan software kecil ini didirikan oleh para senior lulusan IT dan Comunications tepatnya pada bulan Oktober 2003, para pendirinya antara lain adalah: Andy Rubin, Rich Minner, Chris White dan Nick Sears (Ingat:TS gak termasuk barangkali sobat berspekulasi seperti itu ). Android Inc, yakin akan membuat suatu mobile device yang sangat memahami usernya, dari sinilah benih benih kesuksesan Android mulai terlihat.

Karena konsep Android yang sangat menakjubkan ini, Si Mbah Google mulai melirik lalu mencoba mengenal konsep Android yang membuat perkiraannya yakin akan menggemparkan dunia. Lalu pada akhirnya Google Inc mengaku isi Android Inc, seluruh sahamnya dibeli oleh raja Search Engine ni pada sekitar tahun 2005, kita bisa bayangkan sob,berapa banyak uang yang dikeluarkan Google Inc untuk membeli seluruh saham Android Inc.

Ternyata keyakinan yang sangat mengkuatkan Google ini makin menambahkan tingkat kpercayaan pihak Google Inc akan masa depan gemilang device mobile Android , sejak saat inilah Android membuat platform Linux untuk Mobile Phone.

Pada tahun 2007, Dibentuklah Open Handset yang bertujuan untuk pengembangan , beberapa perusahaan yang mengkorsumsinya diantaranya adalah : Broadcom, Intel, Marvell Techonology, Nvidia , Qualcomm, Sprint- nextex, Google, HTC, LG, Motorola dan T- Mobile. Di saat inilah realize Android pertama yang berbasis Linux kernel versi 2.6.

Pada Tahun 2008 inilah HTC Dream menjadi pencicip pertama Android versi 1.0 (Astro), dan pada Akhir tahun 2008 bergabunglah 14 perusahaan yaitu Vodafone, ARM holdings, Toshiba, Atheros, Asustek, Sony Ericsson, Garmin Ltd, PacketVideo dan Softbank.
Ditahun tahun tahun berikutnya munculah versi versi Android yang semuanya bernama makanan penutup diantaranya:

1-5cupcake.jpg


Android 1.5 (Cupcake)
( 30 April 2009 ) Basis Linux, UI dan kernel diperbarui 2.6.29. berjumlah fitur ditambahkan dalam OS ini Diantara adalah Widget yang dapat diperbesar.

1-6donut.jpg


Android 1.6 (Donut)
(15 September 2009) Terdapat peningkatan pada fitur pencarian dan UI yang lebih bersahabat, di versi ini layar WVGA sudah disupportkan.

2-0eclair.jpg


Android 2.0/2.1 (Enclair)
(9 Desember 2009) Penambahan fitur yang dapat mengoptimalisasikan hardware di tambahkan pada fitur ini, disamping itu Ditingkatkan pula Google Maps,UI, browser HTML5.

android-icecream-picsay.jpg


Android 2.2 (Frozen Yogurt (Froyo)
(20 Mei 2010) Di OS ini peningkatan buka tutup aplikasi menjadi lebih cepat, selain itu SD card menjadi media penyimpanan aplikasi.

1302506674-android-ginger.jpg


Android 2.3 (Gingerbread)
(6 Desember 2010) Di versi ini Masksimalisasi Aplikasi dan game dilakukan, lalu NFC ( Near Field Communication ) mulai digunakan. Dan perbaikan layar WVGA juga sudah mulai diterapkan.

honeycomb-1-picsay.jpg


Android 3.0 (Honeycomb)
(22 Februari 2011) Di versi inilah desain pertama untuk Tablet digunakan dan penikmat pertama kalinya adalah Motorola Xoom.

ics-picsay.jpg


Android 4.0 (Ice Cream Sandwich)
(19 Ocktober 2011) Inilah versi Android High End yang dijual cukup mahal, karena Tergolong High End, banyak para low end mengeluh perihal ini, tapi Samsung Galaxy Pocket (low-end) adalah penikmat pertama yang merasakan versi asli dari vendor ini. Fitur yang ditambahkah pada versi ini sangat luar biasa diantaranya Face Unclock dengan pengenalan wajah, kendali pemantauan jaringan data, kontak jaringan sosial, perangkat tambahan berbasis fotografi, mencari email lewat offline, serta berbagi informasi lewat NFC.(saya pake yang versi ini sob).

android-4-1jelly-bean-pic.jpg


Android 4.1 (Jelly bean)
Nah inilah yang paling baru sob, keunggulan fitur-fitur barunya mulai ditambahkan pada versi ini, yaitu yang paling terkenal saat ini adalah Google Now yang memberikan suatu gambaran informasi yang tepat dalam suatu tempat.

Kalo kita perhatikan urutan perkembangan OS Android itu sesuai Abjad yaitu: C,D,E,F,G,H,I,J, (Inisialnya) tidak mungkin jika kebetulan kalo sampe berturut 8 gitu, maka kita bisa menyimpulkan sendri kalo OS selanjutnya berinisial K , apa ya kira kira?

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar